Sabtu, 06 Februari 2010

Bandung Expedition Ala Backpaker

Akhirnya....
Ide yang telah direncanakan sekitar 4 bulan yang lalu (Oktober 2009) terlaksana...
Rencana ini berawal dari keinginan untuk melepasakan segala kepenatan kuliah (Studio n Kolokium). Berawal dari omongan iseng akhirnya menjurus kaearah yang serius untuk melakukan perjalanan ala backpaker...
"Bandung" langsung terpikir di benak kami sebagai kota tujuan berwisata ala backpaker, dengan perhitungan ala kadarnya maka kami memperkirakan perjalanan ini menghabiskan dana sekitar 300rb dengan asumsi 3 hari 2 malam. Hmmm... kira-kira perjalanan ini bisa terlaksana gak ya?? dengan modal yang pas-pasan... So... ikutin aja perjalanan kami...
Inilah kami yang melakukan perjalan ke bandung, pada awalnya ada kami akan berangkat berlima, tapi dua dari kami akhirnya memutuskan untuk tidak ikut (Ilham n Abdus)
Jadi, kami akhirnya berangkat bertiga... Tito, Nanda, n Topik
Rabu, 27 Januari 2010
Hari inilah perjalanan kami dimulai, kami memilih moda transportasi Kereta Ekonomi Kahuripan yang berangkat dari Stasiun Kediri-Padalarang..
Karena, aku n Nanda berangkat dari Malang, kami terpaksa harus menuju Kediri dengan kereta Panataran yang berangkat pukul 07.20 WIB..
Aku berangkat dari rumah (Arjosari) dengan naik angkot jurusan Stasiun Kota Baru Malang, ongkosnya Rp 2.500
Setelah sampai di Stasiun Kota Baru Malang aku n Nanda beli tiket KA Panataran seharga Rp 5.500
Kereta Ekonomi memang moda transportasi paling merakyat, jadi bisa dibayangkan betapa penuh dan sesak di dalam kereta sehingga kami terpaksa berdiri di sambungan kereta sampai stasiun Blitar... sungguh melelahkan..
Akhirnya pukul 11.00 WIB kami sampai di stasiun Kediri
Sampai di stasiun Kediri kami langsung cari sarapan di sekitar Jalan Doho. Pilihan kami jatuh pada pecel kediri yang berada di dalam gang, hanya dengan Rp 4.500 kita dapat seporsi pecel dengan es teh manis... Lumayan...

Setelah sarapan, kami kembali ke stasiun setelah menerima sms kalo si Topik udah tiba di stasiun Kediri.. (Topik emang nunggu di Kediri)..
Langsung kami beli tiket KA Kahuripan Rp 36.000, kami dapat tempat duduk di gerbong 2.. Jadwal KA jam 15.00, karena masih lama aku n Nanda memutuskan untuk liat-liat Kediri sekalian mencari ATM..
Setelah shalat Dhuhur sekaligus menjamak Ashar, kamipun berangkat naik kereta Kahuripan menuju Bandung...
Kereta memang penuh, tapi beruntung kami dapat kursi, kereta semakin penuh ketika sampai di Jogjakarta... Melelahkan..
Kami pun tidur untuk mengumpulkan tenaga untuk hari esok...
Kami terbangunan di kereta sekitar pukul 03.00 WIB setelah mendengar teriakan para penjual makanan dan minuman dengan logat yang kurang familier di telingan kami, ternyata kereta yang kami naiki telah sampai di Jawa Barat tepatnya Tasikmalaya.. Di stasiun Tasikmalaya banyak penumpang yang turun sehingga kereta menjadi longgar. Kami sempat tergelitik dengan para penjajah makanan yang memanggil kami Aa' (panggilan kakak laki-laki untuk orang Sunda). "Wah... kita benar-benar berada di bumi Pasundan." Ungkapku.
Keretapun meneruskan perjalannya, dengan mata yang berat karena masih mengantuk, punggung dan pinggang pegal-pegal (efek bangku ekonomi.. hehehe) kami ditakjubkan dengan pemandangan yang spektakuler.. yaa, ternyata kereta sedang mengintari gunung dan perbukitan di daerah Sumedang-Garut. Rasanya kepenatan kami semalan terbayar dengan pemandangan yang indah ini... It's awesome...
Akhirnya.. pukul 10.30 kami sampai di Bandung, kami memilih turun di stasiun Cimahi karena ada family yang bersedia menjemput kami di stasiun..
Alhamdulillah kami sampai dengan selamat dan sehat wal afiat..
Pengeluaran hari ke-1:
- Tiket KA Kahuripan Rp 36.000
Total Rp 54.700

Kamis, 28 Januari 2010
Tidak banyak agenda kami hari ini, sebenarnya kami ingin langsung cari hotel di pusat Kota Bandung, tetapi saudaraku menyarankan untuk bermalam dulu di Cimahi. Seharian ini kami benar-benar full istirahat (Tak ada kerjaan selain makan, minum, dan tidur, hehe..). Hari ini merupakan kesempatan kami untuk mengumpulkan tenaga dan menghemat pengeluaran..
Pengeluaran hari ke-2:
- Beli sikat gigi Rp 2.300

Jumat, 29 Januari 2010
hari inilah perjalan backpaker kami benar-benar dimulai..
Kami memang sudah mempersiapkan penginapan yang akan kami kunjungi dari browsing di internet, dari beratus-ratus hotel di Bandung mulai dari bintang 5 sampai melati 3, kamipun menjatuhkan pilihan ada hotel yang berada di jantung kota Bandung yakni Hotel Pelangi Indah di jalan Pasirkaliki.
Hotel ini memang sangat cocok untuk para backpaker, karena harga yang ditawarkan relatif murah untuk ukuran hotel di tengah kota, yakni Rp 95.000/nett untuk 3 orang dilengkapi dengan fasilitas kipas angin dan televisi.
Setelah cek in dan menaruh barang, kami tak ingin berlama-lama di hotel karena ingin meneruskan agenda backpaker kami.. Agenda pertama kami yakni ke kampus ITB, kami beruntung karena saudara bersedia mengantar kami ke ITB..
Kami langsung menuju perpustakaan pusat ITB untuk mencari bahan bacaan. Perpus istirahat sampai pukul 11.00 WIB, kamipun meninggalkan perpus dan segera menuju masjid Salman untuk menunaikan shalat Jumat berhubung hari itu hari Jumat.
Pukul 13.00 WIB setelah shalat jumat berakhir kami menuju ke keramaian orang-orang, ternyata setiap hari Jumat setelah shalat Jumat ada yang namanya Pasar Jumat di depan Masjid Salman ITB, kami pun tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk melihat-lihat barang yang dijajakan. Barang yang dijajakan sangat banyak dan bervariatif mulai dari baju, celana, aksesoris, vcd, dvd, sampai peralatan rumah tangga juga ada. Tentunya kita harus berani menawar untuk memperoleh harga yang murah.
Setelah melihat-lihat pasar kami bergegas mencari warung karena perut telah keroncongan. Pilihan kami jatuh pada depot-depot ala Warteg di sekitaer kampus ITB dengan asumsi bahwa warung sekitar kampus harganya pasti murah dan cocok dengan lidah kami.
Ternyata benar, makanan yang disediakan tidak jauh berbeda dengan masakan di Malang (tempat kami kuliah). Kami sudah kenyang dengan hanya mengeluarkan Rp 6.000 s/d 9.000 tergantung menu apa yang kita pilih.
Agenda kami berikutnya yakni daerah Cihampelas, daerah ini merupakan pusat pertokoan pakaian-pakaian khas anak muda Bandung (FO). Barang yang ditawarkna sangat bervariatif dengan harga yang terjangkau, daerah Cihampelas memang merupakan kawasan perbelanjaan yang cocok untuk anda yang berwisata ke Bandung ala backpaker. Sesampainya di Cihampelas, kamipun tidak melewatkan untuk mengunjungi salah satu mall terkemuka di Bandung yaitu Cihampelas Walk (Ciwalk). Memang pilihan yang kurang bijak apabila kita berbelanja di sini dengan uang yang pas-pasan, karena barang yang dijual kebanyakan barang-barang berkelas. Di Ciwalk kami hanya jalan-jalan melihat-lihat kesana kemari (Liat barang yang dijual n mojang-mojang Bandung yang cihuy... hehe). Setelah berjalan-jalan di Ciwalk kami tertarik untuk ke studio XXI, kami beruntung karena sedang ada premier film terbaru yakni Legion dengan tiket nonton Rp 50.000. Kamipun tak ingin melewatkan kesempatan untuk nonton di XXI Ciwalk (Karena di Malang baru ada Bbioskop 21).
Akhirnya kami memutuskan untuk nonton film Avatar 3D walaupun sebelumnya kami telah menonton film ini tapi bukan dengan format 3D. Kami harus membayar Rp 35.000 karena terhitung weekend hari Jumat (Weekday Rp 25.000, Weekend Sabtu Minggu Rp 50.000). Kebetulan waktu itu aku hanya nonton berdua dengan Nanda karena Topik nggak mau nonton dan memilih menghubungi temanya yang kuliah di ITB.
Jam 18.00 WIB film berakhir, dengan perasaan puas karena kami menonton film yang berkualitas, selepas dari studio XXI kami sempat mampir ke toko mainan untuk membeli mainan yang sedang tren di kalangan anak muda Bandung, yakni rubiks. Kami kembali berjalan-jalan ke Cihampelas untuk berbelanja baju dan membelikan oleh-oleh orang rumah.
Sekitar jam 20.00 WIB kami kembali ke hotel dengan kondisi gemiris dan hujan sedang, kami berjalan kaki dari Cihampelas menuju hotel di jalan Pasirkaliki dengan jarak sekitar 1,5 km.
Karena sudah malam dan perut lapar kami menutuskan untuk makan di warung pinggir jalan di jalan HOS Cokroaminoto sekalian menunggu hujan agak reda. Kami memesan 2 porsi nasi goreng sosis dengan harga Rp 8.000, plus gratis teh tawar (minuman wajib orang Sunda).
Kami berjalan ditengah gerimis malam menuju hotel dan sampai ke hotel pukul 22.30 WIB, kami langsung mandi dan istirahat.
Tips: untuk anda yang rawan flu, mending jangan nekad menerobos hujan, gak lucukan kalo jauh-jauh ke Bandung trus sakit flu karena habis kehujanan...
Pengeluaran hari ke-3:
- Hotel Rp 95.000 --> dibagi 3 orang (@ Rp 32.000)
- Tiket nonton Rp 35.000
- Air mineral Rp 2.000
- Makan siang Rp 7.000
- Makan malam Rp 8.000
Total Rp 84.000

Sabtu, 30 Januari 2010
Hari Sabtu ini banyak agenda yang kami lakukan, Kami berangkat dari hotel pukul 08.00 WIB dengan berjalan kaki. Pertama kami memilih berwisata sejarah dan budaya ke daerah Braga. Daerah ini sangat cocok untuk kita yang hobi fotografi dan mengagumi warisan budaya berupa bangunan-bangunan dengan arsitektur kolonial yang masih kokoh berdiri dan terawat, walaupun ada satu-dua yang di demolisi.. (sayang banget). Sepanjang jalan kita disuguhkan deretan bangunan-bangunan pertokoan kolonial Belanda, banyak sekali komunitas fotografer yang hunting foto, bahkan ada yang melakukan sesi pre wedding.
Setelah dari jalan Braga kami meneruskan perjalanan ke jalan Asia-Afrika, jalan ini juga menyuguhkan warisan-warisan arsitektur kolonial yang sangat bersejarah, salah satunya Hotel tua yang sangat tersohor di Kota Bandung yakni Hotel Savoy Homann (Hotel Bidakara) dengan gaya arsitektur yang khas modern kolonial yakni art decco, hotel ini sangat bersejarah karena menjadi tempat penginapan para peserta Konferensi Asia Afrika. Kami juga tidak melewatkan untuk ke titik nol kilometer Kota Bandung yakni di seberang hotel Savoy Homann, kamipun tidak luput untuk berfoto-foto ria disana.
Kami tidak lupa untuk menuju jalan Merdeka yang jaraknya tidak jauh dari jalan Asia-Afrika, dijalan ini terdapat gedung tempat pertemuan konferensi Asia Afrika pada tahun 1959 yang menghasilkan deklarasi yang dikenal dengan Dasasila Bandung. Sungguh menyenangkan dapat berada dan mengambil foto di bangunan saksi bisu sejarah dunia yang berada di Kota Bandung ini.
Pecinan (China Town) Bandung menjadi destinasi wisata sejarah selanjutnya, jalan Banceuy merupakan koridor perdagangan lama yang dahulu merupakan pusat aktivitas perdagangan etnis Tionghoa. Sayang sekali kesan pertokoan Pecinan kurang nampak seiring dengan perkembangan jaman (nasib yang selalu dialami oleh seluruh Pecinan di Indonesia). Padahal, daerah Pecinan merupakan potensi ekonomi dan pariwista untuk setiap kota.
Puas berwisata budaya dan sejarah, kami melanjutkan perjalan ke daerah Alun-alun Kota Bandung, kami mencari sarapan disana, tetapi sarapan di daerah alun-alun tidak kami rekomendasikan karena menu yang standart dan harganya yang tidak pasti (penjual cenderung mengasi harga mahal ke pendatang). Kami menuju ke Masjid Agung Bandung untuk berwisata religi sekaligus menaiki menara 19 lantai untuk menikmati pemandangan kota Bandung dari ketinggian. Ternyata ini merupakan pilihan yang tepat sebagai salah satu tujuan wisata ala backpaker, dengan tiket masuk hanya sebesar Rp 2.000 per orang untuk sekali masuk. Kota Bandung dari ketinggian sangat menarik, meskipun tergolong kota yang padat tetapi masih terdapat RTH dan penghijauan (semoga terus bertahan dan semakin meningkat).
Berada di Kota Bandung belum lengkap apabila kita tidak berwisata Belanja. Walaupun ala backpaker, jangan khawatir untuk berbelanja di kota Bandung. Salah satu destinasi wisata belanja yang sangat terjangkau adalah Pasar Baru Bandung. Untuk menuju Pasar Baru kami berjalan kaki melewati jalan ABC, jalan ini merupakan pusat pertokoan, akan tetapi yang menjadi daya tarik bukan pertokoannya tetapi para PKL di depan pertokoan yang menjual barang-barang second hand. Antara lain elektronik, hp, sampai kamera SLR. Tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi apabila kita tertarik dengan barang-barang second.
Akhirnya kami sampai di Pasar Baru, bangunan pasar 5 lantai ini menjual berbagai macam pakaian mulai dari anak-anak sampai orang dewasa yang tersebar di ratusan lapak. Asalkan pintar menawar, kita bisa mendapatkan baju, celana, jaket ala distro dengan harga yang super murah. Contohnya Nanda, dengan segala usaha menawar akhirnya berhasil mendapatkan sebuah jamper untuk cowok dan jamper semi cardigan rajutan untuk cewek dengan harga Rp 105.000 untuk dua barang tersebut, padahal harga yang ditawarkan untuk Rp 90.000 untuk jamper cowok, dan Rp 60.000 untuk jamper cewek. Aku dan Topikl juga tak mau kalah, akhirnya kita berhasil mendapatkan jaket jamper dengan harga Rp 62.500 dari harga asli Rp 95.000, tergolong murah karena apabila dibandingkan dengan harga di Malang untuk barang serupa harganya bisa mencapai Rp 100.000 lebih.
Hari semakin sore, waktunya kami kembali ke Hotel, dalam perjalanan pulang ke hotel kami melewati lagi jalan Braga, di situ terdapat toko makanan yang telah ada sejak tahun 1929 yang menjual kue-kue dengan resep asli peninggalan kolonial Belanda. Kami akhirnya membeli jajanan resep lawas yakni bookepoot, semacam kue kering yang terbuat dari tepung, kacang, selai strawberry dan dicelup cokelat dengan harga Rp 16.000/ons, sungguh nikmat dan patut dicoba.
Karena belum terlalu sore (jam 15.00 WIB) kami memutuskan untuk mampir ke Braga City Walk (BCW) untuk sekedar melihat-lihat dan shalat Ashar.
Puas dan lelah berwisata sejarah, budaya, religi, dan belanja kami kembali ke Hotel dengan berjalan kaki lagi dan sampai ke hotel jam 16.00 WIB kemudian cari makan di sekitar hotel dan pilihan kami jatuh warung soto Lamongan di dekat hotel dengan harga Rp 8.000/porsi, kami sedikit terkejut karena penjual ternyata fasih berbahasa Jawa.
Disini kami bertiga berpisah, karena Topik memilih untuk nginap di kosan teman SMAnya yang kuliah di Bandung, terpaksa sekarang aku hanya berdua dengan Nanda, dan terpaksa lagi biaya hotel hanya ditanggung berdua, padahal hari itu kita dikenakan biaya tambahan weekend yakni Rp 15.000, tetapi hal ini tidak mengurangi semangat kami..
Setelah istirahat, mandi, dan shalat Magrib, kami berdua tak ingin melewatkan malam minggu di Kota Kembang ini. Dinginnya udara malam tidak menghalangi niat kami untuk berjalan-jalan mengarungi malam di kota Paris Van Java ini. Tujuan kami sebenarnya ke daerah Dago, dan kami tetap memilih berjalan kaki dari hotel selain karena lebih irit juga ternyata sangat menyenangkan berjalan kaki, kita dapat merasakan sense of place dari sebuah kota ketimbang kita naik kendaraam bermotor. Sebelum ke Dago, kami sempat mengunjungi Istana Plaza dan sekali lagi hanya untuk sekedar cuci mata dan tidak berbelanja, Tidak lama kami di Istana Plaza, kami menuju ke daerah Dago. Pada malam hari terutama pada malam Minggu daerah ini sangat ramai, anak-anak muda Bandung menghabiskan malam disini, mulai dari anak-anak SMA hingga mahasiswa yang mengamen di lampu merah hingga komunitas/ club sepeda motor.
Karena tidak ada tempat yang akan kami kunjungi, kami melanjutkan perjalanan kembali, setelah sempat bingung mau kemana, akhirnya kami kembali ke Cihampelas karena ada barang yang kelupaan yang ingin dibeli. Kami kembali berjalan kaki dan kali ini kami lewat daerah ITB menuju Cihampelas, malam hari daerah ITB tergolong mati karena tidak ada kegiatan. Sesampai di Cihampelas, perut kami terasa lapar sehingga kami memutuskan untuk makan malam, karena sudah berada Cihampelas, tidak afdol jika kita tidak mencicipin makanan di Ciwalk, oleh karena itu kami menuju ke salah satu restoran Jepang yakni Gokkana Teppan yang berada di Ciwalk. Kami memilih makanan paket beff teriyaki dengan complete fried dan vegetable salad dengan harga Rp 21.000 dan minuman seharga Rp 5.000 s/d 15.000.
Sekitar jam 23.30 kami tiba kembali di hotel dan segera beristirahat.
Pengeluaran hari ke-4:
- Hotel Rp 110.000 --> dibagi 2 orang (@ Rp 55.000)
- Makan pagi Rp 8.000
- Makan di Resto Jepang Rp 26.000
Total Rp 181.500

Minggu, 31 Januari 2010
Minggu pagi tak ada agenda khusus, karena hari ini kami berencana kembali ke Malang naik kereta Kahuripan yang berangkat jam 19.30 WIB. Rencananya saudara yang di Cimahi akan menjemput kami di hotel siang harinya. Untuk mengisi waktu kami berdua memilih berjalan-jalan di Mall Paris Van Java (PVJ), karena waktu yang sempit, kami memutuskan untuk naik angkutan kota dengan tarif Rp 2.000 s/d Rp 3.000, setibanya di PVJ kami tertarik untuk membeli pernak-pernik ala Jepang yang dijual di PVJ, mulai dari pin, gantungan kunci, pensil, dll dengan harga Rp 5.000 s/d Rp 10.000, di tempat inilah kami memutuskan untuk membeli buah tangan untuk teman-teman di Malang..
Jam 13.00 WIB adalah waktu kami untuk cek out hotel, aku n Nanda janjian dengan Topik di hotel jam 12.oo WIB. Sekitar jam 14.00 WIB saudara yang dari Cimahi menjemput kami ke hotel dan balik ke Cimahi karena kami akan naik kereta dari Padalarang yang jaraknya dekat dengan Cimahi. Dalam perjalanan ke Cimahi kami mampir makan siang di rumah makan Ampera khas Sunda, menu yang ditawarkan khas Sunda yang jarang kami temui di Malang.
Kami tiba di rumah saudara di Cimahi pukul 17.00 WIB, setelah mandi dan makan malam kami menuju ke Padalarang, tapi kami kurang beruntung, karena ternyata kami kehabisan tiket duduk, hanya tinggal tiket berdiri dan restorasi (Tiket restorasi yakni dengan menambah sekitar Rp 20.000 kita dapat duduk di ruang restorasi (ruang makan), tetapi ruang ini kurang kami rekomendasikan untuk perjalanan jarak jauh karena kita harus duduk di kursi plastik yang disediakan).
Akhirnya kami kembali bermalam di Cimahi dan memutuskan pulang esok harinya dengan memesan tiket terlebih dahulu seharga Rp 38.000 plus Rp 2.000.
Pengeluaran hari ke-5:
- Beli oleh-oleh di PVJ Rp 46.000
- Ongkos Angkot Rp 5.000
- Tiket KA Kahuripan Rp 40.000
Total Rp 91.000

Senin, 01 Februari 2010
Nanti malam kami akan pulang dengan kereta ekonomi Kahuripan yang berangkat pukul 19.40 WIB dari stasiun Cimahi, pagi hingga malam kami hanya berada di rumah untuk istirahat karena akan melakukan perjalanan jauh..
Berangkat tepat pukul 19.40 WIB dari Cimahi kereta sangat penuh, apalagi waktu di stasiun Kiaracondong Bandung, arus dari Bandung-Kediri memang selalu lebih ramai dibandingkan sebaliknya. Kami menaiki gerbong 2 yang sangat ramai, dan baru sepi di Madiun..
Selasa 02 Februari 2010 Pukul 11.30 WIB akhirnya kereta sampai di stasiun Kediri, dan kami berpindah kereta Panataran Jurusan Kediri-Surabaya yang lewat Malang yang berangkat jam 11.45 WIB. Pukul 16.00 akhirnya kami kembali menghirup udara kota Malang tercinta dengan ucapan Alhamdulillah...
Pengeluaran hari ke-6:
- Tiket KA Panataran Rp 5.500
- Ongkos angkot Rp 2.500
Total Rp 8.000

Demikianlah perjalan backpaker kami ke Bandung selama 4 hari, dengan hanya biaya Rp 298.000 (Tanpa biaya belanja, nonton film 3D, dan makan di resto Jepang) kita dapat menikmati keindahan dan eksotisme kota Bandung, walaupun kami menggunakan kereta kelas ekonomi, nginap di hotel melati, kemana-mana jalan kaki, dan makan seadanya tapi sangat menyenangkan dan tidak mengurangi kesan kami terhadap kota Bandung, sehingga kami dilain kesempatan ingin kembali melakukan perjalan backpaker ke Bandung maupun ke tempat lain yang lebih menyenagkan..